10 Filosofi Keselamatan dalam Menyetir

pormadi channel

Don Palmer adalah pelatih ahli dalam teknik mengemudi di jalan raya dan lintasan balap tingkat lanjut. Pendek kata, dia salah satu pengendara yang paling mahir di dunia. Pendekatannya yang filosofis akan membantu Anda menjadi pengendara yang lebih aman.

 

1. Waspada

Jika kita menganggap peraturan sebagai panduan, dan bukan instruksi ketat, kita tahu kapan peraturan dapat dan tidak dapat diterapkan. Selalu beri waktu pada diri Anda sendiri agar fleksibel memilih tanggapan yang paling tepat untuk segala tantangan yang dihadapi.

 

2. Andalah yang terpenting

 

Ingat, bukan hanya kendaraannya yang penting. Kenali lingkungan Anda, jenis mobil dan keterampilan khusus yang diperlukan. Sempurnakan konsentrasi dan kesadaran Anda ketika berada di balik kemudi, dan keterampilan Anda akan menyesuaikan diri.

 

3. Kendalikan rasa takut Anda

 

Mengikuti insting, kita cenderung membiarkan rasa takut menguasai kita saaat menghadapi tantangan di jalan.  Tetapi, membangun kepercayaan yang tepat untuk kepercayaan diri dalam mengemudi akan memungkinkan logika dan praktik terbaik mengalahkan segala tantangan.

 

4. Keselamatan adalah keterampilan

 

Ada 3 macam pengendara: mereka yang menyebabkan tabrakan itu sendiri, mereka yang terlibat dalam tabrakan karena orang lain, dan orang yang tidak pernah tabrakan.  Pengendara yang ‘baik’ masih bisa mengalami tabrakan – tetap selamat tetap lebih penting.

 

5. Jangan mengalihkan perhatian Anda

 

Manfaatkan lingkungan Anda.  Jangan hanya mendengarkan radio dan mengawasi kamera pencatat kecepatan  – waspada terhadap potensi bahaya sehingga Anda tidak akan terperangkap bahaya.

 

6. Siap menghadapi yang tidak diharapkan

 

Pemahaman menyeluruh yang lebih baik tentang jalan raya berarti bahwa Anda akan mampu melihat pertanda peristiwa yang mungkin mengakibatkan kecelakaan. Selalu ingat bahwa tabrakan tak selalu tidak dapat dihindari.

 

7. Perlahan-lahan

 

Tempat mengebut adalah di lintasan balap. Bepergian pada kecepatan yang santai dan masuk akal memberikan cukup banyak waktu dan jarak untuk bereaksi terhadap segala hal yang mungkin Anda hadapi.

 

8. Kuasai roda kemudi anda

Sebagian besar orang tidak memerhatikan cara mereka mengemudi. Jika mobil mulai kehilangan kontrol, kemudi adalah yang pertama yang Anda rasakan dan alat terbaik untuk mengatasinya.

 

9. Jadilah operator yang mahir

 

Kendalikan kemudi dan rem dengan hati-hati. Kendalikan dengan mantap tetapi secara bertahap, hindari gerakan yang mendadak. Kesadaran yang lebih tinggi berarti Anda dapat mengerem lebih awal, dan dengan gerakan yang lebih mulus.

 

10. Kenali batas Anda

Tanpa menyelesaikan kursus mengemudi tingkat lanjutan, yang Anda ketahui akan terbatas. Penting untuk memahami batas keterampilan Anda sebagai pengendara, dan tahu untuk tidak memaksa. (dmi/shell.co.id)